Senin, 26 Oktober 2009

Apa sie Batik??



oia,kita harus bersyukur karena sekarang batik dipatenkan jadi udah gak bisa diambil ma negara laen. kata harus bangga dong.hahah.
tapi sabelumnya udah Pada tau gak sie sejarah batik,aku kasih tahu nie...tapi secara garis besar aja ya!!
eits,tapi sebelumnya kita haris tahu dulu arti batik..

Arti kata batik: para sarjana ahli seni rupa, baik yang berkebangsaan Indonesia maupun yang bangsa asing, belum mencapai kata sepakat tentang apa sebenarnya arti kata batik itu. Ada yang mengatakan bahwa sebutan batik berasal dari kata tik yang terdapat di dalam kata titik. Titik berarti juga tetes. Memang di dalam membuat kain batik dilakukan pula penetesan lilin di atas kain putih. Ada juga yang mencari asal kata batik di dalam sumber-sumber tertulis kuno. Menurut pendapat ini, kata batik dihubungkan dengan kata tulis atau lukis. Dengan demikian, asal mula batik dihubungkan pula dengan seni lukis dan gambar pada umumnya. Bagainmana cara membuat batik itu.

nah,ini baru sejarahnya..
Perkembangan Batik di Indonesia
Sejarah pembatikan di Indonesia berkaitan dengan perkembangan kerajaan Majapahit dan kerajaan sesudahnya. Dalam beberapa catatan, pengembangan batik banyak dilakukan pada masa-masa kerajaan Mataram, kemudian pada masa kerajaan Solo dan Yogyakarta.

Kesenian batik merupakan kesenian gambar di atas kain untuk pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan keluarga raja-raja Indonesia zaman dulu. Awalnya batik dikerjakan hanya terbatas dalam kraton saja dan hasilnya untuk pakaian raja dan keluarga serta para pengikutnya. Oleh karena banyak dari pengikut raja yang tinggal diluar kraton, maka kesenian batik ini dibawa oleh mereka keluar kraton dan dikerjakan ditempatnya masing-masing.
Dalam perkembangannya lambat laun kesenian batik ini ditiru oleh rakyat terdekat dan selanjutnya meluas menjadi pekerjaan kaum wanita dalam rumah tangganya untuk mengisi waktu senggang. Selanjutnya, batik yang tadinya hanya pakaian keluarga istana, kemudian menjadi pakaian rakyat yang digemari, baik wanita maupun pria.

Bahan kain putih yang dipergunakan waktu itu adalah hasil tenunan sendiri. Sedang bahan-bahan pewarna yang dipakai terdiri dari tumbuh-tumbuhan asli Indonesia yang dibuat sendiri antara lain dari : pohon mengkudu, tinggi, soga, nila, dan bahan sodanya dibuat dari soda abu, serta garamnya dibuat dari tanah lumpur.


Jadi kerajinan batik ini di Indonesia telah dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit dan terus berkembang hingga kerajaan berikutnya. Adapun mulai meluasnya kesenian batik ini menjadi milik rakyat Indonesia dan khususnya suku Jawa ialah setelah akhir abad ke-XVIII atau awal abad ke-XIX. Batik yang dihasilkan ialah semuanya batik tulis sampai awal abad ke-XX dan batik cap dikenal baru setelah usai perang dunia kesatu atau sekitar tahun 1920. Kini batik sudah menjadi bagian pakaian tradisional Indonesia.

Nah,sekarang udah pada tahu kan,ya dah sekarang aku kasih tahu apa aja yang harus kita lakukan untuk melrstarikan batik...
1.Kita harus mau pake batik
Terkadang kita malu pake batik,mungkin karena ada yang bilang batik itu nora atau udah gak zaman lagi...tapi sebenarnya itu salah lho sebenarnya batik menarik dan bagus,makannya perhatiin dulu..

2.Jadikan batik sebagai pilihan
nah,kalau kalian-kalian mau pilih apa-apa,pilih aja yang berbau batik tapi nie gak berarti kita gak boleh pake produk laen ya boleh-boleh aja tapi jangan lupain batik.

3.Batik gak nora kok!!
Temen-temen ku tersayang,batik tuch gak nora,lagian kalau kalian tahu sekarang batik udah berkembang and motifnya juga udah beraneka ragam jadi udah kereeen tau..bentuk batik juga udah menyesuaikan jadi batik tuch gak hanya buat kebaya aja,buat maen,ke acara-acara juga bisa kok.

4.Batik gak kalah sama yang laen..
Batik sebenarnya punya karya seni tinggi...motifnya yang beraneka ragan membuat batik banyak menyukainya. intinya sie batik gak kalah ma yang laen.

nah,segitu dari aku ya!!
Moga barmanfaat.

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates